Kisi-Kisi PAT IPS Kelas 8


 

Indikator Soal

No.

Soal

Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang mengakibatkan munculnya aktivitas perdagangan

1

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan salah satu peran rumah tangga dengan baik

2

Peserta didik dapat menentukan salah satu faktor produksi

3

Disajikan ilustrasi berupa bagan pelaku ekonomi, peserta didik dapat menentukan sumber pendapatan rumah tangga produsen dengan benar

4

Disajikan ilustrasi berupa gambar, peserta didik dapat menentukan peran pemerintah dengan bijak

5

Peserta didik dapat menentukan tujuan perdagangan antar daerah dengan tepat

6

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat tujuan pemerintah dengan kebijakannya dengan benar

7

Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya perdagangan antara negara dengan bijak

8

Disajikan beberpa pernyataan, peserta didik dapat menunjukan kegiatan ekonomi maritim dengan benar

9

Peserta didik dapat menentikan strategi yang dilakukan pemerintah dalam melestarikan kearifan lokal dengan bijak

10

Disajikan ilustrasi berupa gambar, peserta didik dapat menjelaskansalah satu  konsep redistribusi ekonomi

11

Peserta didik dapat menentukan salah satu strategi dan aplikasi dari salah satu kebijakan pemerintah dengan benar

12

Peserta didik dapat menentukan salah satu perantara dalam redistribusi pendapatan dengan tepat

13

Disajikan ilustrasi berupa gambar, peserta didik dapat menentukan jenis rempah yang menjadi alasan bangsa asing ke nusantara dengan cermat

14

Peserta didik dapat menjelaskan konsep 3 G dengan benar

15

Disajikan tabel, peserta didik dapat menentiukan salah satu tokoh penjelajah yang sesuai dengan bagan

16

Disajikan ilustrasi berupa gambar peta dunia, peserta didik dapat menentukan lokasi pendaratan salah satu pelaut belanda yang pertama kasli datang ke nusantara dengan cermat

17

Peserta didik dapaty menjelaskan salah satu alasan pemindahan pusata pemerintahan VOC ke batavia dengan bijak

18

Peserta didik dapat menjelaskan konsep ekonomi yang dilakukan VOC di Nusantara dengan benar

19

Disajikan beberpa pernyataan, peserta didik dapat menentukan fakta sejarah terkait hak istimewa yang dilakukan VOC di Nusantara dengan cermat

20

Peserta didik dapat menentukan tokoh yang melakukan perlawanan dengan alasan tanam paksa di pulau jawa dengan benar

21

Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh monopoli dalam perdagangan

22

Peserta didik dapat memberikan contoh dari kebijakan kerja paksa pada masa penjajahan di Indonesia

23

Peserta didik dapat mengidentifikasi penjajahan Inggris di Indonesia

24

Peserta didik dapat mengidentifikasi kebijakan sewa tanah pada masa penjajahan di Indonesia

25

Siswa dapat mengidentifikasi contoh dari tanaman ekspor dari Indonesia yang harus ditanam berdasarkan sistem tanam paksa

26

Peserta didik dapat mengidentifikasih tokoh yang diberikan julukan “Ayam Jantan dari Timur

27

Peserta didik dapat mengidentifikasi Perang Saparua di Ambon

28

Peserta didik dapat mengidentifikasi alasan terjadinya Perang Diponegoro

29

Peserta didik dapat menentukan para pahlawan yang gugur dalam Perang Aceh

30

Peserta didik dapat menentukan gambar tokoh dalam Perang Batak

31

Peserta didik dapat mengidentifikasikan latar belakang munculnya nasionalisme Indonesia karena perluasan Pendidikan

32

Peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi-organisasi keagamaan yang memunculkan rasa nasionalisme Indonesia

33

Peserta didik dapat menentukan paham - paham baru yang menjadi salah satu pendorong pergerakan nasional Indonesia

34

Peserta didik dapat mengidentifikasikan mengenai organisasi perhimpunan Indonesia

35

Peserta didik dapat mengidentifikasikan mengenai Partai Nasional Indonesia (PNI)

36

Peserta didik dapat mengidentifikasi proses penguasaan Indonesia oleh Jepang

37

Peserta didik dapat menentukan pusat dari tiga daerah pemerintahan militer di Indonesia yang dibentuk oleh Jepang

38

Peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi-organisasi semi militer bentukan Jepang di Indonesia

39

Peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan masyarakat Indonesia pada masa Kolonial Barat

40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi masukan kepada kami!