Video Pembahasan No. 1 s/d 5
Video Pembahasan No. 6 s/d 10
Disajikan ilustrasi bentuk kerjasama tertentu antarnegara ASEAN,
peserta didik dapat menunjukkan bentuk kerjasama antarnegara ASEAN
berdasarkan ilustrasi tersebut. |
PG |
11 |
Disajikan ilustrasi mobilitas sosial,
peserta didik dapat menentukan
bentuk mobilitas sosial secara vertikal/horizontal
berdasarkan ilustrasi
tersebut |
PG |
12 |
Disajikan
gambar konflik yang terjadi di masyarakat,
peserta didik dapat menyimpulkan upaya mengatasi masalah
konflik sosial tersebut dengan tepat. |
PG |
13 |
Disajikan beberapa pernyataan tentang pelaku
ekononi, peserta didik dapat menentukan peran Rumah Tangga Konsumen/Rumah
Tangga Produsen/Rumah Tangga Pemerintah. |
PG |
14 |
Disajikan
ilustrasi/gambar tentang redistribusi
pendapatan, peserta didik dapat menentukan jenis redistribusi pemerintah
berdasarkan ilustrasi/gambar tersebut. |
PG |
15 |
Peserta didik dapat menyebutkan faktor pendorong/penghambat/manfaat perdagangan
antardaerah atau antar pulau |
Uraian |
41 |
Disajikan ilustrasi tentang penjelajahan samudra, peserta didik
dapat menentukan salah satu alasan
bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra |
PG |
16 |
Disajikan ilustrasi salah satu kebijakan pemerintah kolonial, Peserta
didik dapat mengidentifikasi pengaruh
yang ditimbulkan oleh kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah |
PG |
17 |
Disajikan
peta dunia, peserta didik dapat menentukan letak geografis
dari benua tertentu. |
PG |
18 |
Disajikan peta benua tertentu, peserta didik dapat menunjukkan pembagian region yang tepat dari benua tersebut. |
PG |
19 |
Disajikan ilustrasi tentang
ciri-ciri kondisi alam negara-negara di dunia, peserta didik dapat menentukan negara yang memiliki ciri sesuai dengan ilustrasi tersebut |
PG |
20 |
Disajikan
ilustrasi bentang alam negara tertentu, peserta didik dapat
menyimpulkan mata
pencaharian penduduk yang sesuai dengan ilustrasi tersebut dengan menjelaskan
alasannya. |
Uraian |
42 |
Disajikan tabel jumlah penduduk dan luas wilayah di
benua Asia, peserta didik dapat menentukan negara terpadat penduduknya berdasarkan tabel tersebut |
PG |
21 |
Disajikan data penduduk
dunia pada
tahun tertentu, peserta didik dapat menghitung kepadatan penduduk/angka beban ketergantungan/pertumbuhan penduduk benua tertentu. |
PG |
22 |
Disajikan ilustrasi tentang kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan
transportasi di dunia yang terjadi saat ini, peserta didik dapat menganalisis
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi/sosial/budaya/pendidikan penduduknya. |
Uraian |
43 |
Disajikan daftar faktor pendorong/ penarik terjadinya urbanisasi di suatu
negara, peserta didik dapat menganalisis pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi/sosial penduduk di daerah asal urbanisasi di
negara tersebut. |
PG |
23 |
Disajikan ilustrasi perubahan sosial dan budaya, peserta didik dapat menentukan bentuk
perubahan sosial budaya berdasarkan waktunya/besar kecil pengaruhnya |
PG |
24 |
Disajikan daftar faktor
penyebab/penghambat perubahan sosial budaya di masyarakat, peserta didik dapat mengklasifikasikan
penyebab perubahan sosial budaya yang
termasuk inovasi/penemuan baru. |
PG |
25 |
Disajikan ilustrasi tentang
invasi yang dilakukan oleh beberapa negara di dunia, Peserta didik dapat menganalisis perubahan sosial/budaya yang terjadi akibat invasi tersebut.
|
PG |
26 |
Disajikan daftar berbagai upaya
menghadapi arus globalisasi, peserta didik dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi
dibidang tertentu |
PG |
27 |
Disajikan beberapa gambar
dampak positif/negatif globalisasi, peserta didik dapat mengklasifikasikan
dampak globalisasi yang termasuk demoralisasi/westernisasi. |
PG |
28 |
Disajikan gambar/ilustrasi dampak negatif globalisasi, peserta didik dapat menentukan upaya mengatasi masalah tersebut. |
Uraian |
44 |
Disajikan ilustrasi ketentuan ekspor/ impor barang tertentu, peserta
didik dapat menganalisis alasan penerapan peraturan tersebut |
PG |
29 |
Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat/hambatan perdagangan
Internasional |
PG |
30 |
Disajikan daftar kegiatan manusia, peserta didik dapat mengklasifikasi
tindakan manusia yang merupakan kegiatan ekonomi kreatif |
PG |
31 |
Disajikan daftar komoditas ekonomi, peserta didik dapat mengidentifikasi
komoditas ekspor unggulan Indonesia yang dapat menjadi sumber penerimaan
devisa negara |
PG |
32 |
Disajikan ilustrasi pasar bebas, peserta didik dapat
menganalisa dampak positif/negatif pasar bebas sesuai ilustrasi tersebut bagi Indonesia. |
PG |
33 |
Disajikan daftar organisasi ekonomi internasional, peserta didik dapat
mengidentifikasi organisasi ekonomi bilateral/ regional/internasional |
PG |
34 |
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan tugas PPKI/BPUPKI |
PG |
35 |
Disajikan daftar ciri-ciri sitem pemerintahan pasca pengakuan kedaulatan,
peserta didik dapat menentukan salah satu masa demokrasi di Indonesia
(Liberal/Parlementer, terpimpin) |
PG |
36 |
Disajikan daftar program kerja kabinet, Peserta didik dapat
mengklasifikasi program kerja salah satu kabinet pada Masa Demokrasi Liberal |
PG |
37 |
Disajikan ilustrasi kondisi politik masa Demokrasi Liberal, peserta didik
dapat menganalisis hubungan antara Dekrit Presiden 1959 dengan berakhirnya
masa Demokrasi Liberal |
PG |
38 |
Disajikan daftar pernyataan kebijakan pemerintah masa Orde Baru, peserta
didik dapat menunjukkan program pemerintah dalam bidang tertentu. |
PG |
39 |
Disajikan pernyatan kondisi Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan
kondisi ekonomi/politik Indonesia pada masa reformasi. |
PG |
40 |
Peserta didik dapat
menyebutkan upaya pemulihan ekonomi
Indonesia pada masa pemerintahan presiden tertentu di masa reformasi. |
Uraian |
45 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah memberi masukan kepada kami!