Pembahasan Kisi-Kisi IPS Ujian Sekolah


 Video Pembahasan No. 1 s/d 5


Video Pembahasan No. 6 s/d 10



Disajikan ilustrasi bentuk kerjasama tertentu antarnegara ASEAN, peserta didik dapat menunjukkan bentuk kerjasama antarnegara ASEAN berdasarkan ilustrasi tersebut.

PG

11

Disajikan ilustrasi mobilitas  sosial,  peserta didik dapat menentukan  bentuk mobilitas  sosial  secara vertikal/horizontal berdasarkan ilustrasi tersebut

PG

12

Disajikan gambar konflik yang terjadi di masyarakat,  peserta didik dapat menyimpulkan upaya mengatasi masalah konflik sosial tersebut dengan tepat.

PG

13

Disajikan beberapa pernyataan tentang pelaku ekononi, peserta didik dapat menentukan peran Rumah Tangga Konsumen/Rumah Tangga Produsen/Rumah Tangga Pemerintah.

PG

14

Disajikan ilustrasi/gambar tentang redistribusi pendapatan, peserta didik dapat menentukan jenis redistribusi pemerintah berdasarkan ilustrasi/gambar tersebut.

PG

15

Peserta didik dapat menyebutkan faktor pendorong/penghambat/manfaat perdagangan antardaerah atau antar pulau

Uraian

41

Disajikan ilustrasi tentang penjelajahan samudra, peserta didik dapat  menentukan salah satu alasan bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra 

PG

16

Disajikan ilustrasi salah satu kebijakan pemerintah kolonial, Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah

PG

17

Disajikan peta dunia,  peserta didik dapat menentukan  letak geografis dari benua tertentu.

PG

18

Disajikan peta benua tertentu, peserta didik dapat menunjukkan pembagian region yang tepat dari benua  tersebut.

PG

19

Disajikan ilustrasi tentang ciri-ciri kondisi alam negara-negara di dunia, peserta didik   dapat menentukan negara yang memiliki  ciri sesuai dengan ilustrasi tersebut

PG

20

Disajikan ilustrasi bentang alam negara tertentu, peserta didik dapat menyimpulkan mata pencaharian penduduk yang sesuai dengan ilustrasi tersebut dengan menjelaskan alasannya.

Uraian

42

Disajikan tabel jumlah penduduk dan luas wilayah di benua Asia, peserta didik dapat menentukan negara terpadat penduduknya  berdasarkan tabel tersebut

PG

21

Disajikan data penduduk dunia pada tahun tertentu, peserta didik dapat menghitung kepadatan penduduk/angka beban ketergantungan/pertumbuhan penduduk benua tertentu.

PG

22

Disajikan ilustrasi tentang kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi di dunia yang terjadi saat ini, peserta didik dapat menganalisis pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi/sosial/budaya/pendidikan penduduknya.

Uraian

43

Disajikan daftar faktor pendorong/ penarik terjadinya urbanisasi di suatu negara,  peserta didik dapat menganalisis pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi/sosial penduduk di daerah asal urbanisasi di negara tersebut.

PG

23

Disajikan  ilustrasi perubahan  sosial dan budaya,   peserta didik dapat menentukan bentuk perubahan sosial budaya berdasarkan waktunya/besar kecil pengaruhnya 

PG

24

Disajikan daftar faktor penyebab/penghambat perubahan sosial budaya di masyarakat,  peserta didik dapat mengklasifikasikan penyebab perubahan sosial budaya  yang termasuk inovasi/penemuan baru.

PG

25

Disajikan ilustrasi tentang invasi yang dilakukan oleh beberapa negara di dunia, Peserta didik dapat menganalisis perubahan sosial/budaya yang terjadi akibat invasi tersebut.

PG

26

Disajikan daftar berbagai upaya menghadapi arus globalisasi,  peserta didik dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi dibidang tertentu

PG

27

Disajikan beberapa gambar dampak positif/negatif globalisasi, peserta didik dapat mengklasifikasikan dampak globalisasi yang termasuk demoralisasi/westernisasi.

PG

28

 Disajikan gambar/ilustrasi dampak negatif globalisasi, peserta didik dapat menentukan upaya mengatasi masalah tersebut.

Uraian

44

Disajikan ilustrasi ketentuan ekspor/ impor barang tertentu, peserta didik dapat menganalisis alasan penerapan peraturan tersebut

PG

29

Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat/hambatan perdagangan Internasional

PG

30

Disajikan daftar kegiatan manusia, peserta didik dapat mengklasifikasi tindakan manusia yang merupakan kegiatan ekonomi kreatif

PG

31

Disajikan daftar komoditas ekonomi, peserta didik dapat mengidentifikasi komoditas ekspor unggulan Indonesia yang dapat menjadi sumber penerimaan devisa negara

PG

32

Disajikan ilustrasi pasar bebas, peserta didik dapat menganalisa dampak positif/negatif pasar bebas sesuai ilustrasi tersebut bagi Indonesia.

PG

33

Disajikan daftar organisasi ekonomi internasional, peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi ekonomi bilateral/ regional/internasional

PG

34

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan tugas PPKI/BPUPKI

PG

35

Disajikan daftar ciri-ciri sitem pemerintahan pasca pengakuan kedaulatan, peserta didik dapat menentukan salah satu masa demokrasi di Indonesia (Liberal/Parlementer, terpimpin)

PG

36

Disajikan daftar program kerja kabinet, Peserta didik dapat mengklasifikasi program kerja salah satu kabinet pada Masa Demokrasi Liberal

PG

37

Disajikan ilustrasi kondisi politik masa Demokrasi Liberal, peserta didik dapat menganalisis hubungan antara Dekrit Presiden 1959 dengan berakhirnya masa Demokrasi Liberal

PG

38

Disajikan daftar pernyataan kebijakan pemerintah masa Orde Baru, peserta didik dapat menunjukkan program pemerintah dalam bidang tertentu.

PG

39

Disajikan pernyatan kondisi Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan kondisi ekonomi/politik Indonesia pada masa reformasi.

PG

40

Peserta didik dapat menyebutkan upaya pemulihan ekonomi Indonesia pada masa pemerintahan presiden tertentu di masa reformasi.

Uraian

45


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi masukan kepada kami!