Kisi-kisi Ulangan Harian IPS Kelas VII


 Kisi-kisi Ulangan Harian IPS Kelas VII


No

KD

Materi

Kelas / Smt

Indikator Soal

Bentuk Soal

Level

Kognitif

No.

Soal

1

3.1 Memahami konsep ruang (lokasi,  distribusi, potensi, iklim, bentuk  muka bumi, geologis, flora, dan fauna)  dan interaksi antarruang di Indonesia  serta pengaruhnya  terhadap  kehidupan manusia dalam aspek  ekonomi, sosial, budaya, dan  pendidikan.

Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)

VII/1

Peserta didik dapat menjelaskan konsep ruang dengan benar

PG

C1

1

 

4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi,  distribusi, potensi, iklim, bentuk  muka bumi, geologis, flora dan fauna)  dan interaksi antarruang di Indonesia  serta pengaruhnya terhadap  kehidupan manusia Indonesia dalam  aspek ekonomi, sosial, budaya, dan  pendidikan. 

 

 

Peserta didik dapat menentukan konsep interaksi antarruang dengan benar

 

C3

2

 

 

Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi

 

Peserta didik dapat menyebutkan letak geografis Indonesia dengan cermat

 

C1

3

 

 

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan letak astronomis indonesia dengan cermat

 

C1

4

 

 

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan letak geologis indonesia dengan cermat

 

C1

5

 

 

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mencirikan salah satu bentuk muka bumi dasar laut dengan teliti

 

C2

6

 

 

 

 

Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menentukan perbedaan antara punggung laut dengan palung laut

 

C2

7

 

 

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat membedakan jenis tata air dengan cermat

 

C2

8

 

 

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengurutkan siklus terjadinya hujan dengan baik

 

C3

9

 

 

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengkorelasikan penyebab terjadinya kebakaran hutan gambut dengan jenis tanah di Indonesia dengan tepat

 

C4

10

 

 

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menyimpulkan penyebab terjadinya fenomena pergeseran tanah di beberapa wilayah Indonesia dengan teliti

 

C4

11

 

 

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan jenis flora yang menjadi potensi sumber daya kemaritiman Indonesia dengan benar

 

C1

12

 

 

 

 

Peserta didik dapat mencirikan jenis fauna peralihan dengan tepat

 

C2

13

 

 

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi peta persebaran hewan, peserta didik dapat menentukan posisi hewan endemik Indonesia dengan percaya diri

 

C3

14

 

 

Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)

 

Peserta didik dapat menjelaskan potensi sumber daya alam

 

C1

15

 

 

 

 

Peserta didik dapat mencirikan potensi sumber daya alam terbarukan

 

C2

16

 

 

 

 

Peserta didik dapat mengaitkan fenomena alam dengan dampak permasalahan lingkungan yang ada ditengah masyarakat

 

C3

17

 

 

 

 

Disajikan kutipan berita Nasional, peserta didik dapat menentukan potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan

 

C3

18

 

 

Sumber Daya Manusia

- jumlah, sebaran, dan komposisi;

- pertumbuhan;

- kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan

- keragaman etnik (aspek-aspek budaya

 

Disajikan data, peserta didik dapat menunjukkan piramida penduduk suatu negara dengan cermat

 

C2

19

 

 

 

 

Disajikan aspek-aspek tertentu, peserta didik dapat menentukan komposisi penduduk dengan baik

 

C2

20

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan upaya pemerintah untuk dapat menekan tingkat pertumbuhan dengan teliti

 

C2

21

 

 

 

 

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menghubungkan pengaruh bidang pendidikan dalam peningkatan kualitas SDM dengan cermat

 

C4

22

 

 

 

 

Disajikan ilustrasi peta buta, Peserta didik dapat menjelaskan suku bangsa yang terdapat pada peta buta dengan baik

 

C1

23

 

 

 

 

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menerangkan etnik yang banyak berkontribusi dalam pembangunan nasional dengan cermat

 

C2

24

 

 

Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

 

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan dampak interaksi antarruang dengan baik

 

 

25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi masukan kepada kami!