Kisi-kisi Ulangan Harian IPS Kelas VII
No |
KD |
Materi |
Kelas
/ Smt |
Indikator
Soal |
Bentuk
Soal |
Level Kognitif |
No. Soal |
1 |
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia dalam aspek
ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan. |
Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia) |
VII/1 |
Peserta didik dapat menjelaskan konsep ruang dengan benar |
PG |
C1 |
1 |
|
4.1 Menjelaskan konsep ruang
(lokasi, distribusi, potensi, iklim,
bentuk muka bumi, geologis, flora dan
fauna) dan interaksi antarruang di
Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan konsep interaksi antarruang dengan benar |
|
C3 |
2 |
|
|
Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi,
tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi |
|
Peserta didik dapat menyebutkan letak geografis Indonesia dengan cermat |
|
C1 |
3 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat menyebutkan letak astronomis indonesia
dengan cermat |
|
C1 |
4 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat menyebutkan letak geologis indonesia
dengan cermat |
|
C1 |
5 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mencirikan
salah satu bentuk muka bumi dasar laut dengan teliti |
|
C2 |
6 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menentukan perbedaan
antara punggung laut dengan palung laut |
|
C2 |
7 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat membedakan jenis tata
air dengan cermat |
|
C2 |
8 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengurutkan
siklus terjadinya hujan dengan baik |
|
C3 |
9 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengkorelasikan
penyebab terjadinya kebakaran hutan gambut dengan jenis tanah di Indonesia
dengan tepat |
|
C4 |
10 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menyimpulkan
penyebab terjadinya fenomena pergeseran tanah di beberapa wilayah Indonesia
dengan teliti |
|
C4 |
11 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat menyebutkan jenis flora yang menjadi
potensi sumber daya kemaritiman Indonesia dengan benar |
|
C1 |
12 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat mencirikan jenis fauna peralihan
dengan tepat |
|
C2 |
13 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah ilustrasi peta persebaran hewan,
peserta didik dapat menentukan posisi hewan endemik Indonesia dengan percaya
diri |
|
C3 |
14 |
|
|
Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan
laut) |
|
Peserta didik dapat menjelaskan potensi sumber daya alam |
|
C1 |
15 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat mencirikan potensi sumber daya alam
terbarukan |
|
C2 |
16 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengaitkan fenomena alam dengan
dampak permasalahan lingkungan yang ada ditengah masyarakat |
|
C3 |
17 |
|
|
|
|
Disajikan kutipan berita Nasional, peserta didik dapat menentukan potensi
sumber daya alam yang dapat dikembangkan |
|
C3 |
18 |
|
|
Sumber Daya Manusia - jumlah, sebaran, dan komposisi; - pertumbuhan; - kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan - keragaman etnik (aspek-aspek budaya |
|
Disajikan data, peserta didik dapat menunjukkan piramida
penduduk suatu negara dengan cermat |
|
C2 |
19 |
|
|
|
|
Disajikan aspek-aspek tertentu, peserta didik dapat menentukan
komposisi penduduk dengan baik |
|
C2 |
20 |
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
upaya pemerintah untuk dapat menekan tingkat pertumbuhan dengan teliti |
|
C2 |
21 |
|
|
|
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menghubungkan
pengaruh bidang pendidikan dalam peningkatan kualitas SDM dengan cermat |
|
C4 |
22 |
|
|
|
|
Disajikan ilustrasi peta buta, Peserta didik dapat
menjelaskan suku bangsa yang terdapat pada peta buta dengan baik |
|
C1 |
23 |
|
|
|
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menerangkan
etnik yang banyak berkontribusi dalam pembangunan nasional dengan cermat |
|
C2 |
24 |
|
|
Dampak interaksi antarruang
(perdagangan, mobilitas penduduk) |
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan dampak interaksi
antarruang dengan baik |
|
|
25 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah memberi masukan kepada kami!